KEMENTARIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) di Jakarta, Jumat (19/4).
WICF digelar untuk menyelaraskan rencana kerja dan program Kemenparekraf dengan seluruh mitra co-branding untuk Wonderful Indonesia.
“Kami berharap selain kerja sama yang berkesinambungan, green economy juga akan termanifestasikan melalui kolaborasi Kemenparekraf dengan para mitra co-branding Wonderful Indonesia, sehingga selaras dengan kebijakan kami,” kata Menparekraf Sandiaga sebagaimana dilansir situs Kemenparekraf.
Baca juga: Melalui AKI 2024, Kemenparekraf Terus Kembangkan Ekonomi Kreatif Nasional
WICF yang konsisten diadakan setiap tahun sejak 2017 ini merupakan wadah diskusi interaktif antara Kemenparekraf dengan para pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif.
WICF merupakan wujud komitmen Kemenparekraf dalam membangun ekosistem pemasaran yang lebih matang dan kokoh, mempertajam program-program promosi dan pemasaran, serta meningkatkan aktivasi kolaborasi yang sinergis.
Saat ini, total seluruh mitra co-branding Wonderful Indonesia berjumlah 129 mitra yang terdiri atas berbagai variasi latar belakang industri bisnis.
Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan
Deputi Bidang Pemasaran, Ni Made Ayu Marthini, berharap pariwisata hijau dan berkelanjutan dapat diterima dan diimplementasikan oleh seluruh pihak di dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.
Baca juga: Dorong Industri Film Indonesia, Menparekraf: Perkuat Fondasi Perfilman Nasional
Menurut Made, ide tersebut dapat diterjemahkan dalam beberapa poin, yaitu tanggung jawab terhadap lingkungan dan alam, kekuatan ekonomi lokal melalui UMKM, keragaman dan kelestarian budaya yang dimiliki oleh Indonesia, dan menghadirkan pengalaman berwisata yang berharga dengan keterlibatan seluruh pihak dalam semangat Indonesia Incorporated.
Baca juga: Promosikan Sektor Parekraf, Film ‘Forza’ Dapat Dukungan dari Sandiaga Uno
“Harapannya di tahun ini, semakin banyak program kolaborasi yang lahir dari kerja sama antara Kemenparekraf dengan para mitra co-branding sehingga bisa lebih berkesinambungan," jelasnya.
"Pada akhirnya, aktivitas yang dilakukan benar-benar meningkatkan daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dalam skala global,” kata Made. (SG-2)